Mengenal Apa Itu Blog


Mengenal Apa Itu Blog - Dari kebanyakan orang sudah pasti banyak yang sudah tau bukan tentang blog, bagi yang belum tau mengenal apa itu blog dari mulai pertama muncul sampai sekarang saya akan jelaskan secara singkat dan jelas.

Pengertian Blog
Blog merupakan singkatan dari weblog yang merupakan suatu bentuk aplikasi web dari internet yang berupa aneka macam tulisan, gambar, ataupun video pada sebuah halaman web. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna internet sesuai dengan topik yang diperlukan, yang biasanya bisa dicari pada halaman pencarian seperti Google, Yahoo ,atau search engine lainnya.

Awal Mulanya Blog
Pada awalnya blog diperkenalkan dan menjadi populer dengan nama weblog oleh Jorn Barger pada tahun 1997, lalu untuk nama blog sebagai kependekan dari weblog yang diperkenalkan oleh Peter Merholz pada tahun 1999. Blog saat ini dijadikan sebagai diary pribadi ataupun juga media informasi dan juga tempat berbagi berbagai hal baik itu informasi ataupun tempat berkumpul di dunia online dengan sesama pengguna internet. Maka munculah berbagai jenis blog secara lebih detail seperti blog pribadi atau personal, blog media berita dan hiburan dan juga ada blog pendidikan, blog bisnis dan lain sebagainya. 

Manfaat dari Blog
Blog ini mempunyai fungsi atau manfaat yang sangat beragam, mulai dari hanya berupa sebuah catatan harian, media publikasi dalam bentuk sebuah kampanye politik, sampai dengan program-program media lainnya dan perusahaan-perusahaan kelas atas. Sebagian besar blog dipelihara oleh seorang penulis tunggal (blogger), sementara sebagian lainnya oleh beberapa penulis dalam sebuah konsorsium. Banyak juga blog yang memiliki fasilitas interaksi dengan para pengunjungnya, seperti halnya menggunakan buku tamu dan kolom komentar yang dapat memperkenankan pengunjungnya untuk meninggalkan komentar atau tanggapannya atas isi dari sebuah tulisan (artikel blog) yang dipublikasikan, namun demikian ada juga blog yang bersifat sebaliknya (non-interaktif), artinya hanya dipergunakan untuk kalangan terbatas semacam yang dimiliki oleh sebuah institusi sekolah atau perguruan tinggi.



Demikian artikel kali ini, kalau sobat punya pertanyaan/saran sobat bisa meninggalkan komentar, semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Mengenal Apa Itu Blog"